2 Rumah Mewah di Lampung Runtuh Akibat Longsor, Ahmad Bastian Imbau Warga Waspada

banner 468x60
Bagikan:

Bandar Lampung – Dua unit rumah mewah yang masih dalam tahap pembangunan di Bandar Lampung roboh akibat tanah longsor. Anggota DPD RI Dapil Lampung, Ahmad Bastian meminta agar ada evaluasi terhadap proyek pembangunan perumahan elite tersebut.

Adapun peristiwa ambruknya 2 rumah terjadi di Cluster Da Vinci, Perumahan CitraLand yang berada di Teluk Betung Selatan, Kota Bandar Lampung. Peristiwa terjadi pada Selasa (26/1) dan video ambruknya rumah mewah itu viral di media sosial.

“Kami menyayangkan kejadian robohnya rumah di Bandar Lampung. Di sisi lain, kami bersyukur rumah tersebut belum ditempati sehingga tidak ada korban,” ujar Ahmad Bastian, Kamis (28/1/2021).

Rumah yang ambruk itu memang belum dihuni karena masih dalam tahap pembangunan. DPRD Bandar Lampung menyebut lokasi perumahan tersebut berada di lereng atau lembah yang wilayah sekitarnya adalah zona hijau resapan air.

“Memang harus dikaji lagi karena lokasi perumahan di lereng dan perbukitan tentunya akan rawan longsor,” sebut Bastian.

Anggota Komite I DPD RI yang membidangi permukiman, pertanahan dan tata ruang ini menilai rekomendasi analisis dampak lingkungan (amdal) dalam pembangunan kawasan perumahan tersebut harus ditelaah lagi. Bastian menyebut harus dipastikan apakah pembangunan sudah sesuai dengan standar tata ruang daerah atau belum.

“Karena dikhawatirkan longsor akan merambat ke permukiman lainnya. Masyarakat juga harus waspada karena cuaca ekstrem menyebabkan potensi bencana di mana-mana,” ucapnya.

Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperkim) Kota Bandar Lampung mendesak pihak pengembang Perumahan Citraland untuk menghentikan pembangunan. Bahkan Wali Kota Bandar Lampung Herman HN meminta Citraland mempertanggungjawabkan musibah longsor tersebut.

“Kenyamanan dan keamanan hunian harus dipastikan ada. Pengembang harus memastikan keselamatan untuk penghuninya,” sebut Bastian.

READ  KKSMB Serahkan Ribuan Paket Bantuan untuk Korban Gempa Majene

Mantan anggota DPRD Lampung Selatan itu juga meminta pihak pengembang memberi ganti rugi kepada pemilik rumah yang ambruk. Bastian menyebut pengembang harus bertanggung jawab meski kejadian longsor merupakan bencana.

“Harus ada ganti rugi terhadap pemilik rumah. Dan juga perlu dipastikan ada penanganan terhadap longsor yang terjadi itu agar tidak ada dampak lanjutan,” pungkasnya. (ijs/elz)

banner 300x250
Bagikan:

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *