Shin Tae-yong Masukan 7 Pemain Naturalisasi dalam Daftar Uji Coba Kontra Palestina dan Argentina

Shin Tae-yong Masukan 7 Pemain Naturalisasi dalam Daftar Uji Coba Kontra Palestina dan Argentina. (dok PSSI)

POJOKPOLITIK.COM- Timnas Indonesia akan melakoni dua laga uji coba dalam agenda Fifa Matchday pada Juni 2023 kontra Palestina dan Argentina.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong menyiapkan 26 pemain untuk laga tersebut. Dari 26 pemain yang disiapkan 7 di antaranya merupakan pemain naturalisasi.

Berdasarkan jadwal yang sudah ditentukan, Indonesia akan melawan Palestina pada tanggal 14 Juni di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya. Lalu berikutnya menjamu Argentina pada 19 Juni di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta.

26 pemain yang dipanggil akan berkumpul mulai tanggal 5 Juni mendatang di Jakarta. Mereka akan jalani pemusatan latihan, sebelum nanti berpindah ke Surabaya.

Pada pemanggilan kali ini, nama-nama pemain yang berkiprah di luar negeri tetap dapat kepercayaan. Total ada 10 pemain abroad, baik lokal maupun naturalisasi.

Selain itu, ada juga nama debutan seperti  Reza Arya dari PSM Makassar. Lalu ada pula empat pemain yang baru saja menjalani proses naturalisasi yakni Ivar Jenner, Rafael Struick, Shayne Pattynama dan Sandy Walsh.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur dan senang dapat dipanggil timnas Indonesia. Tentu saya akan berjuang keras demi mendapat tempat di timnas Indonesia,” kata Reza Arya.

Shin Tae-yong juga memanggil sejumlah pemain Timnas Indonesia U-22 yang juara SEA Games 2023 kemarin. Mereka adalah Ernando Ari, Rizki Ridho, Pratama Arhan, Witan Sulaeman, dan Marselino Ferdinan.

Persib Bandung menjadi tim yang paling banyak menyumbang pada kesempatan kali ini yakni sebanyak empat pemain. Menyusul PSM Makassar dan Persikabo yang masing-masing menyumbang tiga pemain.

Palestina saat ini menempati peringkat 98 FIFA, untuk Argentina berada di peringkat 1 FIFA sekaligus juara Piala Dunia 2022.

Sementara, Indonesia masih berada di peringkat 149 FIFA. Bila Indonesia sukses meraih hasil maksimal di ajang ini, tentu peringkat FIFA akan naik di edisi bulan depan.

Ketua umum PSSI, Erick Thohir mengatakan permintaan sangat serius mencari lawan berkualitas untuk Timnas Indonesia. Harapannya, skuad Garuda bisa merasakan dan meningkatkan mental para pemain.

"Kita siapkan tim secara serius salah satunya melawan palestina yang rankingnya lebih bagus tapi ini jadi ujung tombak bagaimana kita bisa naikkan peringkat," ujarnya.

"Lalu tak kalah penting lawan Argentina sebagai tes nyali, karena yang namanya olahraga itu adalah nyali dan mental.  Kalau tak biasakan tanding dengan yang besar sampai kapan pun kita tak akan maju," ucapnya melanjutkan.

Berikut 26 pemain Timnas Indonesia untuk FIFA match day:

1. Edo Febriansyah - Persib Bandung

2. Marc Klok - Persib Bandung

3. Ricky Kambuaya - Persib Bandung

4. Rachmat Irianto - Persib Bandung

5. Reza Arya Pratama - PSM Makassar

6. Yacob Sayuri - PSM Makassar

7. Yance Sayuri - PSM Makassar

8. Syahrul Trisna - Persikabo 1973

9. Andy Setyo - Persikabo 1973

10. Dimas Drajad - Persikabo 1973

11. Witan Sulaeman - Persija Jakarta

12. Rizky Ridho - Persija Jakarta

13. Dendy Sulistyawan - Bhayangkara FC

14. Ernando Ari - Persebaya Surabaya

15. Fachruddin Aryanto - Madura United FC

16. Stefano Lilipaly - Borneo FC

17. Jordi Amat - Johor Darul Tazim FC

18. Saddil Ramdani - Sabah FC

19. Pratama Arhan - Tokyo Verdy

20. Asnawi Mangkualam - Jeonnam Dragons

21. Sandy Walsh - KV Mechelen

22. Shayne Pattynama - Viking FK

23. Marselino Ferdinan - KMSK Deinze

24. Ivar Jenner - Jong Utrecht

25. Rafael Struick - ADO Den Haag

26. Elkan Baggott - Cheltenham Town FC. (*)

Komentar

Loading...