PAPPSI Selayaknya Menjadi Organisasi Perjuangan

Ketua Umum PAPPSI, Dr. Hapendi Harahap SH, MH, saat memberikan sambutan. (Istimewa)

POJOKPOLITIK.COM- Parsadaan Alumni Pelajar Padangsidimpuan dan Sekitarnya (PAPPSI) menyelenggarakan Musyawarah Besar (Mubes) l di Gedung Bisma, Aula Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri, Kementerian Dalam Negeri, di Jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat, Minggu siang (11/5/2023).

Mubes ini dihadiri lebih dari 70 anggota dan Undangan dari berbagai elemen masyarakat, termasuk sejumlah Tokoh yang berasal dari Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel), Sumut.

Selain merumuskan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD ART) dan Program Kerja, Mubes I PAPPSI ini secara aklamasi memilih dan menetapkan Ketua Umum PAPPSI yaitu Dr. Hapendi Harahap, SH, MH, untuk Periode 2023-2026.

Dalam kata sambutannya Hapendi Harahap mengatakan seperti yang tertuang dalam Mukadimah AD ART PAPPSI, pihaknya merasa ikut bertanggung jawab dalam pembangunan, pemberdayaan dan mencerdaskan kehidupan masyarakat, khususnya dalam membentuk insan cerdas dan beretika, berakhlak yang baik dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

"Sebagai alumni pelajar yang berasal dari Tabagsel yang terhimpun dalam PAPPSL, mari kita berperan aktif dalam mengisi pembangunan dan pemberdayaan dengan mengembangkan ilmu dan pengetahuan, teknologi, dan seni, mencerdaskan kehidupan masyarakat di wilayah Tanagsel," ujar pria yang berprofesi sebagai Notaris yang juga menjabat Ketua Umum Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah (IPPAT) itu.

Dirinya merasa bersyukur dan berterimakasih atas dukungan dan kehadiran tokoh-tokoh Tabagsel yang ikut memberikan pesan dan wejangan sebagai masukan program kerja PAPPSI ke depan. Mereka adalah Prof. Dr. H. Bomer Pasaribu, (Mantan Dubes dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi), Komjen. Pol. (Purn.) Drs. H. Saud Usman Nasution, (Mantan Kepala BNPT), Mayjend TNI. Purn Riswandi Siregar, Ir. Tawar Pulungan, Muslimin Siregar MM, Haris Harahap, M. Saleh Purba, Mara Hasian Harahap, dll.

Dalam sambutannya, Prof. Bomer Pasaribu mengatakan sebagai organisasi yang baru terbentuk, PAPPSI mempunyai tugas dan tanggungjawab yang besar dalam mendorong maju dan berkembangnya wilayah Tabagsel.

Karena itu, Bomer menyarankan agar PAPPSI memilih jalur yang berbeda dengan organisasi parsadaan sejenis lainnya.

"Maka saya sarankan agar PAPPSI menjadi organisasi perjuangan. Perjuangan di bidang politik, ekonomi, sosial budaya, kemasyarakatan dan industri kreatif. Sebagai organisasi perjuangan PAPPSI harus ambil bagian dalam memperjuangkan terbentuknya Provinsi Sumatera Tenggara, Universitas Graha Nusantara (UGN) menjadi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), membentuk Perguruan Tinggi Vokasi dan memperjuangkan beberapa tokoh asal Tabagsel menjadi Pahlawan Nasional seperti Willem Iskandar, Todung Mulya Harahap, dll," kata Bomer.

Kata Bomer, sebagai tokoh senior Tabagsel dirinya merasa penting hadir dalam Mubes l PAPPSI ini.

"Saya paksakan datang ke acara Mubes PAPPSI. Saya ingin mendorong adik-adik kita agar berjuang membantu orang-orang asal Tabagsel untuk menjadi menteri, anggota DPR, dan pejabat tinggi lainnya. Bersilaturahim memang penting. Tapi memperjuangkan banyak hal tak kalah pentingnya. Saya memberikan semangat dan akan mendukung PAPPSI sedaya mampu saya," paparnya.

Seperti diketahui PAPPSI dideklarasikan pada Minggu, 19 Maret 2023. Para Pendiri dan Penggagas PAPPSI ada 18 orang.

Mereka adalah Dr. Afriadi Sjahbana Hasibuan, MPA, MCom (Ec), Ir. Ade Dermawan, MM, Dr. Hapendi Harahap, S.H., SpN., M.H, Muhammad Kahfi Siregar, S.Sos, M.Si, Dr.(C) Yusniar Ritonga, SKM., MPH, Ir. Zulkarnaen Nasution, Fajaruddin Lubis, S.E, M.P, Marazuki Nasution, SPt, dr. Salman Paris Harahap, Sp.PD, Dr. Kiman Siregar, STP, M.Si, Drs. Diapari Sibatangkayu Harahap, M.Si, Siti Nondang Siregar, Ir. Ali Muda Siregar, Zubaedah Hafni Nasution, Yusanty Anwar, Marahot Harahap, Drs. Rajab Siregar, MM, Nelwan Harahap. (*)

Komentar

Loading...