Ketua DPC Demokrat Medan, Nanda Ramli Apresiasi MK Putuskan Sistem Pemilu Terbuka  

Ketua DPC Demokrat Medan, Iswanda Nanda Ramli saat memberikan orasi dalam agenda Mimbar Umum di sekretariat DPD Demokrat Sumut. (Muhammad Rajab)

POJOKPOLITIK.COM- Keluarnya putusan Mahkamah Konstitusi yang menerapkan sistem pemilu 2024 secara proporsional terbuka, mendapat apresiasi dari Ketua DPC Partai Demokrat Kota Medan, Iswanda Nanda Ramli.

Pria yang akrab dipanggil Nanda itu turut mengucapkan terima kasihnya kepada MK atas putusan yang dianggap berpihak kepada tegaknya demokrasi.

"DPC PD Kota Medan memberikan apresiasi dan terima kasih kepada MK yang telah menolak gugatan dan tetap dengan pemilu terbuka. Ini juga menunjukkan bahwa demokrasi berjalan di negeri ini," ucapnya, kepada Pojokpolitik.com, Kamis (15/6/2023).

Dengan sistem terbuka juga bilang Nanda, membuat seluruh bakal calon legislatif (bacaleg) nantinya akan lebih semangat bekerja turun ke bawah menyapa masyarakat.

" Secara otomatis dengan kerjanya bacaleg ke masyarakat tentu akan meningkatkan suara partai," tutur Nanda.

Sebelumnya, dalam sidang pembacaan putusan, MK memutuskan pemilu 2024 tetap menggunakan sistem proporsional terbuka.

Keputusan itu keluar setelah MK menolak permohonan uji materi pasal dalam UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu yang mengatur tentang sistem pemilihan umum (pemilu) proporsional terbuka.

Dengan putusan perkara Nomor 114/PUU-XX/2022 tersebut, maka pemilu tetap memakai sistem proporsional terbuka.

"Menolak permohonan para pemohon untuk seluruhnya," ucap hakim ketua Anwar Usman dalam sidang pembacaan putusan yang digelar di gedung MK, Jakarta, Kamis (15/6/2023).

Mahkamah mempertimbangkan implikasi dan implementasi penyelenggaraan pemilu tidak semata-mata disebabkan oleh pilihan sistem pemilu. (*)

Komentar

Loading...