Tiga Anggota EXO Umumkan Pemutusan Kontrak Eksklusif Dengan SM Entertainment

Member EXO,  Chen, Baekhyun, dan Xiumin umumkan pemutusan kontrak. (Instagram)

POJOKPOLITIK.COM- Tiga anggota EXO, Chen, Xiumin, Baekhyun akhirnya mengambil langkah serius dengan memberitahukan SM Entertainment mengenai pemutusan kontrak ekslusif mereka yang selama ini telah terjalin cukup lama.

Ketiganya sebelumnya telah mengirimkan sertifikasi konten sebanyak tujuh kali kepada SM Entertainment sejak 21 Maret lalu.

Dalam permintaanya, Chen, Xiumin dan Baekhyun telah berulang kali meminta penyelesaian data penyelesaian transparan dan penyelesaian dasar.

Hal itu ditegaskan oleh Perwakilan hukum Chen, Xiumin dan Baekhyun.

Pernyataan yang dirilis oleh perwakilan hukumnya itu, menyebutkan berbagai alasan pelik kenapa ketiga anggota EXO tersebut memilih untuk mengakhiri kontrak eksklusif mereka.

Dikutip dari Mydaily, menurut perwakilan hukum ketiganya, SM Entertainment telah berulang kali melakukan kekuasaan sewenang-wenang yang sangat tidak adil.

SM Entertainment dengan ketidakadilannya memaksa para artis untuk menambahkan kontrak eksklusif berikutnya untuk jangka waktu yang sangat lama yakni setidaknya untuk 17 atau 18 tahun.

Dengan perlakuan yang seperti itu, para artis merasa bahwa selama 20 tahun kedepan, mereka hanya akan berada di bawah kontrak budak berdasarkan status superior mereka.

Selain itu, tampaknya pemutusan kontrak ekslusif ini juga didasari rasa kekecewaan para artis yang baru-baru ini secara resmi meminta salinan data penyelesaian dan dasar penyelesaian beberapa kali melalui agen mereka, tetapi SM menjawab bahwa mereka tidak dapat memberikan salinan data tersebut.

BACA JUGA : Akhiri Kontraknya dengan Agensi, Chen, Baekhyun, Xiumin Bakal Cari Cara Agar Tetap Bersama EXO

Para artis sebelumnya memberikan tenggat waktu hingga, Rabu (31/5/2023) agar SM Entertainment memenuhi segala kewajibannya yang dituntut oleh para artis.

Namun, karena tidak memberikan tanggapan apapun, kontrak eksklusif yang ada mau tidak mau diakhiri per 1 Juni karena dasar penyelesaian tidak diberikan dengan terpaksa mereka memberi tahu SM tentang pembatalan kontrak tersebut.

Para artis juga dikabarkan sedang mempertimbangkan rencana untuk mengajukan keluhan kepada komisi perdagangan yang adil dan serius.

Dengan keluarnya pengumuman ini, melalui perwakilan hukumnya, para artis menyampaikan permohonan maaf dengan tulus kepada penggemar atas kekhawatiran yang ditimbulkan.

Meski berencana mengambil langkah hukum, para artis juga akan berusaha mencari langkah-langkah yang lebih bijak untuk menghindari berbagai konflik yang berkelanjutan. (*)

Komentar

Loading...