*Wan Abi Tursina Bacaleg Dapil IV Kota Medan

Ingin Implementasikan Keilmuan dan Pengalamannya Lewat Kursi Parlemen

POJOKPOLITIK.COM- Mengenal partai sejak 2015 lalu, belum terbersit di benak Wan Abi Tursina maju dalam kontestasi politik untuk merebut kursi.

Baginya, ikut organisasi adalah bagian dari kehidupan. Membangun relasi, belajar manajemen tentu tak terpisahkan dari kegiatan yang tengah digelutinya sebagai pengusaha.

Bagi ayah dari empat orang anak ini, ada korelasi antara dunia usaha yang diperankannya dengan organisasi ataupun partai politik yang dijalaninya.

Ya begitulah pasangan dari wanita cantik bernama Eva Damayana Siregar ini mensinergikan dua bidang yang menurutnya saling berkaitan itu.

Namun siapa sangka, seiring berjalannya waktu, Wan Abi justru mengaku tertarik untuk ikut merasakan atmosfer persaingan menuju parlemen.

Bersama Demokrat, dirinya pun memutuskan untuk maju dari Dapil IV Kota Medan yang meliputi Medan Denai, Medan Amplas, Medan Kota dan Medan Area.

Apakah yang melatarbelakangi putra dari pasangan H Wan Hasan dan Hj Rosna ini hingga akhirnya memutuskan untuk maju sebagai bacaleg pada Pemilu 2024 nanti?

Wan Abi pun merunut sepenggal kisah perjalanannya saat berbincang dengan Pojokpolitik.com belum lama ini.

Ditemani semangkuk kopi susu dingin, Wan Abi mulai menelusur ruang waktu yang pernah berlalu.

Coba mengingat kenangan perjalanan dan pengalamannya, Wan Abi menceritakan kembali kisahnya.

"Saya mengenal partai pada 2015 lalu. Saat itu saya bergabung bersama Partai Amanat Nasional (PAN). Saya menganggap bahwa mengenal politik juga bagian dari dunia bisnis yang saya jalani. Banyak persamaan antara keduanya. Apalagi kebijakan dari politik juga berpengaruh terhadap dunia usaha," tutur anak keenam dari 10 bersaudara itu.

Ditambah lagi, darah bisnis Wan Abi ditularkan dari sang ayah dan saudara kandungnya merupakan bagian dari partai berlambang Pohon Beringin. Perpaduan klop yang menjadi asupan ilmu di tengah kehidupan bersama keluarga besarnya.

Tak hanya itu, Wan Abi juga memiliki segudang pengalaman di beberapa organisasi di antaranya Toppan RI, Wakil Ketua Laskar Hang Tuah Indonesia, Bendahara Serikat Islam Kota Medan, Pengurus Karang Taruna Sumut, BKPRMI Sumut dan terkini menjabat Sekretaris Angkatan Muda Penggerak Demokrat (AMPD) Sumut.

Wan Abi Tursina bacaleg Dapil IV Kota Medan, saat menyapa masyarakat dengan aksi sosialnya. (dok Demokrat)

Segudang pengalaman di organisasi dan kematangan yang didapat dari keluarga tercinta itulah menjadi alasan dirinya mantap untuk maju dalam kontestasi politik 2024 mendatang.

"Di PAN itu saya belajar berpolitik. Tapi di Demokrat saya merasa sudah matang dan siap bertarung sebagai bacaleg," ucap pria yang menjabat sebagai Wakil Kepala Bappilu Partai Demokrat Sumut itu.

Disinggung alasannya bisa bergabung bersama Demokrat yang akan menjadi 'kendaraan perangnya' nanti?

Wan Abi kembali menulusuri memori ingatannya di tengah sore yang bersiap menyapa senja.

Wan Abi menyebut ada chemistry yang terbangun antara dirinya dengan Ketua DPD Demokrat Sumut, M Lokot Nasution.

"Waktu itu hubungan saya dengan PAN berakhir seiring selesainya juga masa jabatan saya," kenang Wan Abi.

Tak lama setelahnya, sambung Wan Abi, dirinya bertemu Lokot Nasution dan terjalinlah hubungan hingga memutuskan untuk bergabung.

"Saya melihat Demokrat konsisten dalam menyuarakan kepentingan rakyat ditandai dengan sikap oposisinya. Itu yang membuat saya tertarik. Ditambah lagi ada kekuatan anak muda yang dipancarkan dari sosok AHY sebagai ketua umum," ujar pria yang menamatkan S1 nya di Bandung itu.

Menjadi anggota legislatif juga sambung Wan Abi bukan sekadar gaya apalagi untuk meningkatkan status sosialnya.

Ada misi yang ingin diwujudkan sebagai implementasi pengalaman dan keilmuan yang dimilikinya.

"Memerankan fungsi legislatif pastinya, yakni memperjuangkan kepentingan rakyat sebagai cita-cita partai yang didirikan oleh mantan Presiden RI, Bapak SBY," harapnya.

Ketika perjuangan itu berhasil dan menghantarkannya duduk di kursi parlemen, empat hal menjadi skala prioritas yang akan dilakukan Wan Abi.

"Memperjuangkan UMKM yang mandiri, membantu anak muda kreatif menjadi pengusaha, mengupayakan masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal. Dan terakhir memperjuangkan masyarakat mendapatkan pendidikan yang layak," tuturnya mengakhiri. (*)

Komentar

Loading...