Nikahkan Anjing dengan Adat Jawa dan Habiskan Rp200 Juta Berujung Somasi, Penyelenggara Minta Maaf

Anjing bernama Jojo dan Luna menikah gunakan adat Jawa dan telan biaya hingga Rp200 juta. (Instagram)

POJOKPOLITIK.COM- Pernikahan anjing Jojo dan Luna dengan menggunakan tradisi Jawa dan menghabiskan anggran Rp200 juta yang viral beberapa waktu lalu menghadirkan kontroversi hingga berujung somasi.

Acara yang berlangsung pada 14 Juli 2023 lalu di daerah Pantai Indah Kapuk (PIK) Jakarta Utara itu pun viral dan jadi bahan cemoohan.

Pernikahan hewan yang mengusung adat Jawa ini dipersoalkan, salah satunya oleh Persatuan Pambiwara Indonesia (PEPARI). Bahkan PEPARI melayangkan somasi terhadap penyelenggara acara pernikahan anjing Jojo dan Luna karena dianggap menciderai nilai adiluhung dari kebudayaan Jawa.

Menuai kritikan, Nena dan Valen selaku pemilik anjing sekaligus mewakili penyelenggara acara meminta maaf kepada pihak-pihak yang tidak berkenan atau bahkan merasa tersakiti atas penyelenggaraan acara tersebut.

"Kami berdua selaku penyelenggara acara dengan ini menyatakan permohonan maaf atas kegaduhan yang terjadi di masyarakat dengan terselenggaranya acara Jojo dan Luna," kata Nena dalam jumpa pers di bilangan Pejaten Jakarta Selatan, Rabu (19/7/2023) kemarin.

Nena mengaku menyesal telah melaksanakan acara yang kemudian mengandung pro dan kontra di masyarakat. Dia mengaku respons masyatakat atas peristiwa ini di luar perkiraannya.

"Kami sangat menyesal dan memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada pegiat budaya Jawa dan seluruh masyarakat yang kurang berkenan dan merasa tersakiti dengan adanya acara ini," tuturnya lebih lanjut.

Nena dan Valen secara tegas mengatakan tidak ada niatan sama sekali untuk melecehkan atau tidak menghargai budaya Jawa. Kejadian ini menjadi pembelajaran berharga untuknya.

"Kami berjanji tidak akan mengulangi lagi dan tidak akan terjadi lagi ke depannya," katanya.

Sebelumnya, viral di media sosial pernikahan anjing Jojo dan Luna yang mengusung tradisi adat Jawa. Pernikahan tersebut digelar mewah menelan dana hingga Rp200 juta.

Salah satu pemilik anjing tersebut, yakni Nena, tidaklah asing dan memiliki ribuan pengikut di Instagram.

Pekerjaan Nena juga tidak kalah bergengsinya. Dalam bio Instagramnya, Nena menuliskan jika dirinya merupakan salah-satu staf khusus kepresidenan. (*)

Komentar

Loading...