Dihadiri 60 Awak Media, Pelatihan Liputan Menuju PON 2024 Diharapkan Tambah Wawasan Insan Pers Olahraga

KONI Sumut gelar pelatihan jurnalistik bagi awak media peliputan PON 2024. (Istimewa)

POJOKPOLITIK.COM- KONI Sumut menggelar pelatihan jurnalistik kepada insan pers olahraga yang akan menjadi peliput PON XXI/2024 Aceh-Sumut.

Kegiatan yang diinisiasi oleh SIWO PWI itu diikuti 60 wartawan olahraga baik cetak, online maupun elektronik dan berlangsung di Aula KONI Sumut Jalan Williem Iskandar dan berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa (24-25 Juli).

Dalam kesempatan itu, Ketua SIWO PWI Sumut, Johny Ramadhan Silalahi berharap pelatihan yang dilakukan dapat menambah pemahaman para wartawan dalam hal peliputan olahraga. Khususnya multi event seperti PON XXI, saat Aceh dan Sumut menjadi tuan rumah tahun 2024.

"Para awak media juga semakin tajam dalam menyajikan berita-berita olahraga sehingga PON XXI/2024 semakin besar gaungnya," ujarnya.

Johny Ramadhan mengatakan, banyak wartawan olahraga yang ikut dalam pelatihan ini yang belum pernah meliput multi even seperti halnya PON.

Untuk itu pelatihan ini harus dapat dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk menambah ilmu dan pemahaman cara meliput multi event.

"Korek ilmu dengan maksimal dari pemateri yang memang sudah berpengalaman dalam peliputan multi event," katanya.

"Harapan kami pelatihan ini bermanfaat bagi kita semua. Minimal sebagai bekal dalam peliputan olahraga, apalagi nanti di PON kita adalah tuan rumah bersama Aceh.Tentunya sharing pengalaman dari pemateri sangat berharga bagi kita nantinya untuk menambah pemahaman dan istilah dalam olahraga," sambung Johny Ramadhan.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua KONI Sumut John Ismadi Lubis melalui Wakil Ketua I KONI Prof Agung Sunarno saat membuka kegiatan itu mengatakan, pelatihan tersebut sangat luar biasa.

Dirinya tak menyangka peserta pelatihan mencapai 60 orang dari berbagai media yang nantinya akan bertugas dalam peliputan PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Selama ini, lanjut dia, banyak pemberitaan yang muncul di berbagai media terkait persiapan pelaksanaan PON Aceh-Sumut, baik dalam persiapan pembangunan venue maupun persiapan atlet yang menjalani pemusatan latihan menuju PON.

Namun rata-rata berita yang disuguhkan sama, meski beda media dan wartawan.

Untuk itu ke depan tentunya lebih diperlukan inovasi oleh wartawan olahraga dalam penyajian berita sehingga berita yang disuguhkan lebih bervariasi dan lebih tajam.

Melalui pelatihan ini, nantinya diharapkan dapat semakin menambah kualitas dan ilmu para wartawan sehingga pberitaan yang disajikan lebih berkualitas.

"Intinya kami sangat mengapresiasi pelatihan yang digagas SIWO PWI ini. Banyak istilah dan peraturan dalam olahraga yang belum kita pahami. Semoga dalam pelatihan ini, kita mampu menjawab itu semua dan juga mampu melahirkan tulisan-tulisan yang biak pula," tuturnya.

Tampil sebagai pemateri dalam pelatihan tersebut Drs M. Syahrir yang membawakan materi etika liputan multi event PON XXI/2024, Prof Dr Agung Sunarno (strategi KONI Sumut menghadapi PON XXI/2024, SR Hamonangan Panggabean ( sharing pengalaman meliput multi even nasional dan internasional). (*)

Komentar

Loading...