BNI Indonesia Masters 2023

Pulangkan Dua Pebulutangkis India di Babak Kualifikasi, Saut Jajal Jepang di Babak Utama

Pebulutangkis muda Indonesia, Yohannes Saut Marcellyno lolos ke babak utama usai menaklukan dua pebulutangkis India di babak kualifikasi. (Foto : Naufal PBSI)

POJOKPOLITIK.COM- Pebulutangkis muda Indonesia, Yohannes Saut Marcellyno Siahaan lolos ke babak uatama (64 besar) usai mengalahkan dua pebulutangkis India di babak kualifikasi ajang BNI Indonesia Masters 2023, yang berlangsung di GOR PBSI Sumut, Selasa (5/9/2023).

Untuk bisa bersaing di babak utama atau babak 64 besar, pebulutangkis 20 tahun ini harus melewati dua pertandingan pada babak kualifikasi.

Di mana pada pertandingan pertama Saut dengan menyakinkan mampu menaklukan unggulan kedelapan babak kualifikasi asal India, Subhankar Dey dengan straight set 21-17 dan 21-8.

Saut sempat dikejutkan dengan permainan lawan dan tertinggal pada awal babak pertama.
Namun, berkat ketenangannya, Saut mampu menjaga ritme dan menutup set pertama dengan skor 21-17.

Pada set kedua, Saut bermain tanpa beban dan berhasil memperpanjang jarak poin dan menutup laga dengan skor 21-8.

Saut mengaku sempat menghadapi kendala angin pada awal-awal pertandingan dan akhirnya berhasil keluar dari tekanan.

"Sama seperti kemarin (Indonesia International Challenge) masalahnya angin, jadi tadi banyak pukulan yang belum pas dan lawan bisa mengondisikan duluan, jadi kecolongan diawal. Tapi puji Tuhan bisa escape dan bisa menang," ucapnya.

Saut pun mengaku dukungan suporter menjadi penyemangat dirinya memenangkan pertandingan pertamanya.

"Melihat ada gemuruh suporter sebenarnya sih ngaruh tadi ke arah yang positif dan senang juga dapat dukung di Medan ini," tutur Saut.

Menyahuti pertandingan kedua babak kualifikasi menghadapi pebulutangkis India lainnya Arunesh Hari, Saut kembali menunjukkan penampilan terbaiknya dan berhasil menang dengan straight set 21-13, 21-12.

Dirinya pun mengaku pada pertandingan kedua dirinya lebih mengontrol permainan setelah pengalaman yang didapatnya saat bermain di Indonesia International Challenge (IIC) 2023.

"Tadi lawan bermain baik juga, cuman kondisi lapangan dia (Arunes Hari) bilang anginnya kurang stabil. Jadi, mungkin saya lebih bisa ngontrol, karena kemarin dua kali main di situ (IIC). Jadi bisa lebih tenang dan ngarahin dulu," katanya.

Atas kemenangan itu Saut memastikan langkahnya ke babak utama atau (64 besar) dan akan menghadapi pebulutangkis Jepang, Riku Hatano, pada Rabu (6/9/2023) besok.

Menatap laga itu, Saut mengatakan siap dan memiliki modal pengalaman yang lebih baik dari calon lawannya nanti.

"Mungkin kondisi fisik mereka (pemain Jepang) lebih baik, tapi pengalaman di lapangan, saya lebih baik juga, jadi kita lihat besok, seperti apa strategi mereka," ucapnya mengakhiri.

Untuk diketahui Indonesia Masters 2023 diikuti 292 pebulutangkis dari 18 negara termasuk Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah. (*)

Komentar

Loading...