Helikopter Mini Ingenuity Mendarat di Mars, Misi pun Dimulai!

Helikopter NASA Ingenuity. (Foto: Credits: NASA/JPL-Caltech/nasa.gov)
banner 468x60
Bagikan:

Jakarta – Helikopter mini buatan National Aeronautics and Space Administration (NASA), Ingenuity, dikabarkan telah mendarat di Mars, Minggu (4/4/2021). Pendaratan ini guna melanjutkan misi penjelajahan Mars.

Selama ini, Ingenuity berada di perut robot Perseverance yang dikirim NASA ke Mars. Ingenuity telah menjelajah Mars sejauh b471 juta kilometer bersama Perseverance.

Dilansir dari AFP, Ingenuity, mendapatkan energi gratis selama berada di perut Perseverance. Namun setelah lepas dari perut Perseverance, Ingenuity harus mengandalkan baterainya sendiri untuk menjalankan komponen pentingnya. Salah satu komponen pentingnya, yakni pemanas untuk melindungi komponen elektronik dari suhu dingin saat malam hari.

READ  Oppo Umumkan Teknologi 5G di MWCS 2021

Bob Balaram, ketua insinyur proyek helikopter Mars dari Jet Propulsion Laboratory mengatakan, pemanas ini membuat interior sekitar tujuh derajat Celcius saat malam dingin di Mars. Suhu bisa turun hingga minus 90 derajat Celcius. Pemanas ini melindungi komponen kunci seperti baterai dan peralatan elektronik lain yang sensitif pada temperatur sangat dingin.

Tim Ingenuity pun akan mengecek panel surya apakah bekerja dengan baik dalam menjalankan fungsinya mengisi baterai. Upaya ini dilakukan beberapa hari sebelum menguji coba motor penggerak dan sensor menjelang penerbangan perdana pada 11 April mendatang.

READ  Spesies Anjing Lokal Bangladesh Hanya Tersisa 30an Ekor

NASA mengungkap, penerbangan ini tidaklah mudah mengingat atmosfer yang ada di Mars kira-kira hanya satu persen dari Bumi. Gravitasi Mars yang dikatakan cuma sepertiga Bumi juga diharapkan bisa membantu penerbangan Ingenuity.

Rencananya, Ingenuity akan melakukan lima kali penerbangan setiap bulan dengan misi mengambil foto kondisi lingkungan di planet merah tersebut.

READ  Amankan Akun WhatsApp dari Penyadap, Lakukan Tujuh Cara Ini

Sebagai informasi, Ingenuity merupakan helikopter seberat 1,8 kilogram yang dibuat dengan biaya sebesar US$85 juta. Helikopter ini digadang-gadang menjadi salah satu alat studi revolusi eksplorasi antariksa. (Zak/IJS)

banner 300x250
Bagikan:

Pos terkait

banner 468x60

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *